APLIKASI NEW MEDIA DAN MANFAATNYA

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MACAM-MACAM APLIKASI NEW MEDIA  Assalamualaikum wr wb.
Aplikasi new media belakangan ini sangat berguna bahkan menjadi kebutuhan sehari-hari bagi manusia yang menggunakan teknologi dalam keseharian untuk berkomunikasi , mencari informasi , hingga mencari bermacam-macam jasa via online. Tetapi dibalik banyaknya manfaat aplikasi-aplikasi tersebut pasti terdapat kekurangannya masing-masing. Sebagai Contoh : 

1. Youtube
   Youtube merupakan salah satu aplikasi new media yang menyajikan informasi dengan menggunakan video. Aplikasi ini banyak digunakan oleh umat manusia tidak hanya untuk mencari informasi, bahkan juga mencari pendapatan. Tetapi banyak konten-konten dan informasi yang sifatnya tidak benar dan tidak dipertanggung jawabkan. Bahkan di Youtube banyak konten-konten dewasa yang dengan mudah di akses oleh anak-anak dibawah umur.

2. Twitter
    Twitter adalah salah satu aplikasi yang populer di kategori social media, karena hanya dengan mendaftar dan menjadi anggota dari sosmed ini kita bisa mengakses informasi , membagikan informasi dengan bebas bahkan bisa juga berkomunikasi dengan sanak keluarga dan teman-teman yang jauh. Tetapi Twitter memiliki kekurangan yaitu banyak berita dan informasi yang sifatnya "hoax" dan dengan mudahnya tersebar.

3.Facebook
     Facebook merupakan aplikasi sosial media terbesar yang dibuat oleh Mark Zuckeberg yang ditujukan untuk orang-orang yang ingin mengekspresikan dirinya dengan bebas dan berkomunikasi dengan orang-orang yang dikenal dan juga orang-orang yang tidak kita kenal. Tetapi Facebook memiliki kekurangan yang berhubungan dengan aktifitas kriminal yang belakangan ini terjadi di Indonesia seperti penculikan, teror , dan juga penipuan.

4. Blog
    Blog adalah salah satu akses untuk semua orang mengeskpresikan dirinya melalui internet. Kita bisa memberikan informasi sebebas yang kita mau, menceritakan pengalaman dan bahkan untuk kebanyakan perempuan memindahkan Diary nya ke Blog. Tetapi Blog juga memiliki sisi negatifnya yaitu banyak penjiplakan yang dilakukan di blog meskipun diniatkan untuk saling share informasi tetapi seharusnya penjiplak menyertakan orang-orang yang dijiplak nya. Dan juga dengan bebasnya orang-orang mengekspresikan diri di Blog, banyak kejahatan yang bisa muncul dan pemfitnahan juga berita hoax yang tidak dipertanggung jawabkan.

5.E-Learning
     E-learning merupakan terobosan pemerintah dalam memajukan teknologi dalam hal proses mengajar dan belajar secara instan, cepat, dan akses yang mudah yang diberikan pada Guru dan juga Murid. -Tetapi dibalik banyak nya sisi positif E-learning, E-Learning juga memiliki sisi negatif seperti semakin canggih nya proses belajar mengajar ini dengan hanya mengakses internet, para pelajar mendapatkan banyak referensi tetapi tidak efisien untuk dalam hal memahami. Karena hanya dengan membaca saja, para pelajar tidak mudah untuk memahami nya ( kecuali menyalinnya ke dalam buku) karena cara belajar yang sesungguhnya adalah membaca sambil menulis dan dengan cara tersebut otomatis otak kita akan bekerja dua kali lipat untuk menghafal sembari memahami.


     Pada inti nya kemajuan teknologi sangat bermanfaat untuk umat manusia. Tetapi tergantung pada manusia itu sendiri akan diigunakan untuk hal yang baik atau sebaliknya untuk kriminalitas dan eksistensi belaka, Wassalamualaikum wr,wb




sumber: Google.com , Wikipedia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF BAHASA INGGRIS Di INDONESIA

Sejarah Logo Nike