PEMBUATAN GAME SEDERHANA
CATCHING RINGS
Anggota
Kelompok : -
Andre Musbar
- Ersya Dharmawan
- Rezky Maulana (55415859)
Kelas
:
4IA16 “Pengulangan”
Mata
Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Tanggal : 16 Juli 2019
Judul :
Game Sederhana Catching Rings
Jumlah
lembar : 8
Penjelasan
Catching Rings merupakan game sederhana yang memiliki tujuan untuk
mendapatkan poin sebanyak banyak-nya untuk memenuhi atau memenangkan game-nya.
Catching Rings memiliki objek bola dan ring sebagai subjek dan objek pada game
tersebut. Subjek bola berfungsi sebagai pemeran utama yang di arahkan oleh
pemain dan Objek ring sebagai benda yang harus di tangkap/sentuh oleh bola agar
mendapatkan poin sebanyak banyak nya. Catching Rings memiliki banyak scene yang
terdiri dari scene utama, scene bermain level 1, scene bermain level 2, scene
bermain level 3, scene win, scene game over.
Aturan
bermain Catching Rings :
1.
Menyentuh
ring sebanyak mungkin
2.
Memenangkan
setiap scene sebelum waktu yang ditentukan habis
3.
Menghindari
lubang-lubang di bawah bola
4.
Memenangkan
game
Tombol
– tombol untuk bermain :
1.
“W” untuk
loncat
2.
“A”
untuk maju
3.
“D”
untuk mundur
4.
“S”
untuk turun
5.
Klik
kiri mouse untuk mengklik button-button pada semua scene
PENJELASAN
PEMBUATAN ANIMASI
1.
Membuat
7 scenes yang saling memiliki terhubung
2.
Pertama
yang dibuat yaitu scene menu halaman awal yang terdiri dari plane + text dan
kamera :
3.
Setelah
halaman awal, tahap selanjutnya yaitu membuat scene permainannya yang terdiri
dari plane sebagai arena, bola sebagai pemain pertama, dan koin sebagai score
seperti berikut :
4. Mensetting sensor dan actuators camera
5. Mensetting sensor dan actuators untuk
bola “subjek”
6. Mensetting sensor dan actuators untuk ring
7. Membuat scene timer untuk memberikan lama
waktu permainan
8. Mensetting timer pada scene
9. Membuat scene “win” untuk menyelesaikan
permainan dengan kondisi pemain atau subjek(bola) bisa menyentuh rings sebanyak
yang di tentukan
10.
Mensetting
scene win yang mana akan kembali ke menu awal jika di klik kiri oleh mouse
11.
Membuat Scene
“Game Over” untuk menyelesaikan game
dengan kondisi pemain atau subjek(bola) tidak bisa memenuhi tujuan game untuk
menyentuh rings sebanyak yang ditentukan pada setiap level nya
KESIMPULAN
DAN SARAN
4.1
Kesimpulan
Game ini masih
belum sempurna karena keterbatasan level dan game menjadi lebih smooth dengan
semakin banyaknya scene
4.2
Saran
Lebih banyak
referensi dan explorasi lebih luas untuk menjadikan pembuatan game menjadi
lebih baik.
Komentar
Posting Komentar