PEMBUATAN GAME SEDERHANA
CATCHING RINGS



Anggota Kelompok       :         - Andre Musbar
                                                          - Ersya Dharmawan
          - Rezky Maulana (55415859)
Kelas                                       : 4IA16 “Pengulangan”
Mata Kuliah                             : Pengantar Teknologi Game
Tanggal                          : 16 Juli 2019
Judul                              : Game Sederhana Catching Rings   
Jumlah lembar               : 8









Penjelasan
Catching Rings merupakan game sederhana yang memiliki tujuan untuk mendapatkan poin sebanyak banyak-nya untuk memenuhi atau memenangkan game-nya. Catching Rings memiliki objek bola dan ring sebagai subjek dan objek pada game tersebut. Subjek bola berfungsi sebagai pemeran utama yang di arahkan oleh pemain dan Objek ring sebagai benda yang harus di tangkap/sentuh oleh bola agar mendapatkan poin sebanyak banyak nya. Catching Rings memiliki banyak scene yang terdiri dari scene utama, scene bermain level 1, scene bermain level 2, scene bermain level 3, scene win, scene game over.  
Aturan bermain Catching Rings :
1.     Menyentuh ring sebanyak mungkin
2.     Memenangkan setiap scene sebelum waktu yang ditentukan habis
3.     Menghindari lubang-lubang di bawah bola
4.     Memenangkan game

Tombol – tombol untuk bermain :
1.     “W” untuk loncat
2.     “A” untuk maju
3.     “D” untuk mundur
4.     “S” untuk turun
5.     Klik kiri mouse untuk mengklik button-button pada semua scene




PENJELASAN PEMBUATAN ANIMASI
1.     Membuat 7 scenes yang saling memiliki terhubung


2.     Pertama yang dibuat yaitu scene menu halaman awal yang terdiri dari plane + text dan kamera :

3.     Setelah halaman awal, tahap selanjutnya yaitu membuat scene permainannya yang terdiri dari plane sebagai arena, bola sebagai pemain pertama, dan koin sebagai score seperti berikut :


4.     Mensetting sensor dan actuators camera
5.     Mensetting sensor dan actuators untuk bola “subjek”

6.     Mensetting sensor dan actuators untuk ring

7.     Membuat scene timer untuk memberikan lama waktu permainan

8.     Mensetting timer  pada scene








9.     Membuat scene “win” untuk menyelesaikan permainan dengan kondisi pemain atau subjek(bola) bisa menyentuh rings sebanyak yang di tentukan


10.                                                                                                                                                                              Mensetting scene win yang mana akan kembali ke menu awal jika di klik kiri oleh mouse








11.                         Membuat Scene “Game Over”  untuk menyelesaikan game dengan kondisi pemain atau subjek(bola) tidak bisa memenuhi tujuan game untuk menyentuh rings sebanyak yang ditentukan pada setiap level nya














KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
            Game ini masih belum sempurna karena keterbatasan level dan game menjadi lebih smooth dengan semakin banyaknya scene
4.2 Saran
            Lebih banyak referensi dan explorasi lebih luas untuk menjadikan pembuatan game menjadi lebih baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF BAHASA INGGRIS Di INDONESIA

Sejarah Logo Nike