Sejarah Logo Nike


Analisa Logo PT NIKE

1.      Logo Asli

2.      Sejarah

Produk sepatu dan pakaian olahraga Nike dengan mudah diidentifikasi oleh khas logo perusahaan, para "swoosh" tik, dan slogan "Just Do It". Berbasis dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan, Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.

Dia mulai menjual sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang nya melihat awal revolusi jogging dan mulai mmasaran produk untuk pelari non-profesional juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah image sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari anak-anak sampai dewasa memakainya.

Pada 1979 Nike telah menguasai setengah pasar di AS dan dengan pendapatan mencapai US $ 149 juta. Pada pertengahan tahun 1980-an posisi perusahaan tampaknya tak tergoyahkan, namun secara mendadak muncul serangan dari pihak saingan yaitu Reebok. Tapi pada tahun 1990 Nike kembali memimpin perusahaan, terutama karena pengenalan dari sepatu “Air Jordan” yang didukung dan dipromosikan oleh bintang basket Michael Jordan.

Hari ini, Nike mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam sepatu olahraga, dan merupakan pemain penting dalam pakaian dan aksesoris olahraga. Majalah Fortune melaporkan penjualan sebesar US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta (Fortune 1995).Sekitar 60 persen dari penjualan perusahaan di Amerika Serikat, sekitar 30 persen di Eropa dan 5 persen di Asia. (1993 Nike: 25).

Etos perusahaan Nike adalah melibatkan dedikasi yang kuat untuk olahraga dan kebugaran. Staf di kantor pusat perusahaan, Nike Kampus Dunia pada Beaverton, Oregon, diharapkan menghabiskan beberapa jam setiap hari di gym. Mereka dijelaskan oleh direktur Nike sebagai "athletic, outdoor, lets-do-it-together types.

3.      Arti Logo

a)      Warna
Warna logo Nike didasarkan 2 warna yaitu hitam dan putih dimana menurut psikologi warna warna hitam melambangkan kesan elegan, berwibawa dan kuat. Sedangkan warna putih melambangkan kebangsawan, pesona, dan kemurnian dari merek Nike itu sendiri.

b)     Font
Sampai tahun 1995, logo Nike menampilkan nama perusahaan menggunakan jenis huruf Futura Bold dalam karakter huruf besar.







4.      Logo Baru

5.      Makna Logo
Warna logo  dan font pada logo dibuat sama, hanya saja kalimat diubah dari “just do it” menjadi “just buy it” yang mana bertujuan untuk meningkatkan teknik  marketing agar sedikit berkesan memaksa untuk membeli produk produk Nike. Atau bisa juga bisa diartikan “tak perlu banyak berfikir, beli saja dulu”.



Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF BAHASA INGGRIS Di INDONESIA