Sejarah Logo Nike
Analisa Logo PT NIKE
1.
Logo
Asli
2.
Sejarah
Produk sepatu dan pakaian olahraga
Nike dengan mudah diidentifikasi oleh khas logo perusahaan, para
"swoosh" tik, dan slogan "Just Do It". Berbasis dari nama
dewi Yunani yang berarti kemenangan, Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet
sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari
dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang
kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang
lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.
Dia mulai menjual sepatu keliling
dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan tapi pasti
meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang
nya melihat awal revolusi jogging dan mulai mmasaran produk untuk pelari
non-profesional juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan
mengubah image sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari
anak-anak sampai dewasa memakainya.
Pada 1979 Nike telah menguasai
setengah pasar di AS dan dengan pendapatan mencapai US $ 149 juta. Pada
pertengahan tahun 1980-an posisi perusahaan tampaknya tak tergoyahkan, namun
secara mendadak muncul serangan dari pihak saingan yaitu Reebok. Tapi pada tahun
1990 Nike kembali memimpin perusahaan, terutama karena pengenalan dari sepatu
“Air Jordan” yang didukung dan dipromosikan oleh bintang basket Michael Jordan.
Hari ini, Nike mempertahankan
posisinya sebagai pemimpin pasar dalam sepatu olahraga, dan merupakan pemain
penting dalam pakaian dan aksesoris olahraga. Majalah Fortune melaporkan
penjualan sebesar US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta
(Fortune 1995).Sekitar 60 persen dari penjualan perusahaan di Amerika Serikat,
sekitar 30 persen di Eropa dan 5 persen di Asia. (1993 Nike: 25).
Etos perusahaan Nike adalah
melibatkan dedikasi yang kuat untuk olahraga dan kebugaran. Staf di kantor
pusat perusahaan, Nike Kampus Dunia pada Beaverton, Oregon, diharapkan
menghabiskan beberapa jam setiap hari di gym. Mereka dijelaskan oleh direktur
Nike sebagai "athletic, outdoor, lets-do-it-together types.
3.
Arti
Logo
a)
Warna
Warna
logo Nike didasarkan 2 warna yaitu hitam dan putih dimana menurut psikologi
warna warna hitam melambangkan kesan elegan, berwibawa dan kuat. Sedangkan
warna putih melambangkan kebangsawan, pesona, dan kemurnian dari merek Nike itu
sendiri.
b)
Font
Sampai
tahun 1995, logo Nike menampilkan nama perusahaan menggunakan jenis huruf
Futura Bold dalam karakter huruf besar.
4.
Logo
Baru
5.
Makna
Logo
Warna logo dan font pada
logo dibuat sama, hanya saja kalimat diubah dari “just do it” menjadi “just buy
it” yang mana bertujuan untuk meningkatkan teknik marketing agar sedikit berkesan memaksa untuk
membeli produk produk Nike. Atau bisa juga bisa diartikan “tak perlu banyak
berfikir, beli saja dulu”.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar