NEW MEDIA

saHasil gambar untuk google


    #LatarBelakang
     
     Internet merupakan suatu media dimana semua orang tidak hanya sekedar bisa mengambil informasi tetapi bisa juga untuk mengekspresikan diri secara bebas. Di Abad ke-20an ini adalah zaman dimana manusia dimanjakan oleh teknologi yang dari hari ke-hari semakin canggih dan semakin memajukan media informasi dari yang penting sampai ke-yang tidak penting, dari informasi yang tidak jelas ( hoax ) sampai ke informasi yang sangat akurat.Tetapi masih banyak user yang masih belum memahami makna dan denifisi dari new media atau teknologi digital di zaman kita sekarang ini.

    #Definisi
    
        New Media merupakan suatu istilah yang mencakup kemunculan digital di Abad 20-an sekarang ini. Atau lebih sederhananya, New Media adalah suatu media yang terbentuk dari interaksi antar Manusia dan Komputer (Internet). Menurut banyak ahli, New Media yaitu media yang berkembang pada era komunikasi interaktif dimana pengguna (Manusia) difasilitasi oleh komputer dan jaringan satellite untuk dengan mudah mecari informasi secara luas dan detail.

          New Media memiliki banyak manfaat dan didalam segala bidang seperti Bidang Sosial, Bidang Industri, Bidang Pendidikan, dan Bidang Sumber Daya Manusia atau Lowongan Kerja. Sebagai contoh kita ambil satu bidang yaitu manfaat pada Bidang Pendidikan, di Bidang Pendidikan sebuah media internet sangat-sangat diperlukan karena tidak hanya Murid, tetapi begitu juga dengan para dewan Guru harus tetap mengikuti era digital atau new media ini. Karena sudah banyak program-program pemerintah yang menuju kepada kemajuan pendidikan seperti contohnya yaitu UAN Online, Tes CPNS Online, dan menggali segala informasi mengenai pelajaran di internet.

              New Media juga memiliki beberapa komponen seperti pembuat, penyalur, dan pemakai juga termasuk media yang digunakan untuk dapat berhubungan dengan New Media, 
Contohnya : 
                   1. Produsen    : Orang yang menciptakan wadah atau sarana New Media itu sendiri,                                                       Komponen ini berperan sebagai pembentuk New Media.

                  2. Distributor  : Sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut                                                   juga media yang berfungsi menghantarkan pemakai untuk memaki sarana                                              itu sendiri.

                   3.Konsumen    : Seorang pengguna atau yang memakai sarana New Media 
   
           New Media memiliki banyak aplikasi yang tidak hanya berguna untuk berbagi informasi tetapi juga bisa mengekspresikan diri dan berkomunikasi sesama konsumen. Contoh aplikasi pada New Media yaitu :
                    1. Jejaring Sosial ( Berkomunikasi dan bertukar Informasi sesama konsumen ) 
                        Contoh Aplikasi "Facebook, Twitter, Line, Bbm, Whatsapp and manymore "

                    2. Online Shop ( Melakukan proses jual-beli melalu dunia maya )
                        Contoh Aplikasi " Aliexpress.com, OLX.com, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia "

                    3. Informasi/Pendidikan ( Menggali Informasi mengenai Pelajaran dan Berita terbaru )
                       Contoh Aplikasi " Google, Yahoo, Okezone, Detik.com, Wikipedia, dan banyak lagi "
                    
    #Kesimpulan

           Kesimpulannya adalah setelah mengetahui apa itu definisi dari New Media, selanjutnya bagaimana cara kita meng-handle atau menggunakan suatu teknologi secara positif dan juga berguna bagi kita sendiri dan orang lain. Di zaman New Media ini, sudah semakin gampang seseorang atau konsumen yang memberikan suatu informasi secara mudah ke publik tanpa menanggung jawab apakah informasi yang diberikan bisa dipercaya dan tepat. Maka sebagai umat Islam yang cerdas, sudah seharusnya kita tetap mengikuti aturan-aturan yang telah Allah SWT berikan dalam Al-Qur'an tentang menangkap sebuah informasi secara Tabayyun. Tabayyun yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Hujurat/49:6 yang memiliki arti " Wahai orang-orang yang beriman, jika ada seorang fasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dulu) agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian." Dari ayat tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa dalam menangkap informasi kita harus tabayyun atau teliti terlebih dahulu sebelum kita membagi informasi tersebut ke konsumen New Media di seluruh Dunia. Semoga bermanfaat dan teknologi semakin maju membawa hal positif bagi kita semua Aamiinn..


                 
                 
Sumber : www.Google.com
                https://shaktidarikhwan.wordpress.com 
                https://almanhaj.or.id/3445-mengapa-mesti-tabayyun.html
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF BAHASA INGGRIS Di INDONESIA

Sejarah Logo Nike