Profil Perusahaan Lenovo

Assalamualaikum wr wb. Sebagai kewajiban mengerjakan tugas softskill mengenai profil perusahaan perusahaan di bidang Teknik Informartika, maka disini saya akan merangkum dari beberapa referensi mengenai profil perusahaan Lenovo.
Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Lenovo pernah menjual serverkomputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan produksi secara kontrak.( https://id.wikipedia.org/wiki/Lenovo)
Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambil-alihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia.
Untuk mengetahui sejarah Lenovo, maka harus melihat dulu ketika perusahaan ini tidak bernama Lenovo. Benar sekali, pada awal berdirinya, Lenovo bukanlah nama pertama. Perusahaan komputer ini dulunya bernama Legend (dalam bahasa Cina, Lianxiang). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984 oleh Liu Chuanzi bersama sepuluh orang lainnya. Menariknya, ketika didirikan, perusahaan ini hanya memiliki modal kecil. Uniknya pula,  Legend saat itu bermarkas di sebuah ruang satpam.
Perusahaan Legend pada awalnya memulai bisnis komputernya secara perlahan. Kemudian seiring berjalannya waktu, perusahaan ini semakin dikenal di Cina. Perusahaan Legend kemudian tumbuh besar. Perusahaan ini semakin menanjak ketika negara Cina mulai bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO. Dan pada tahun 2004, Liu Chuanzi mengganti nama perusahaan ini menjadi Lenovo. Pergantian nama ini pun menjadi keberuntungan sendiri.  Tahun 2004 bisa dikatakan menjadi tonggak sejarah Lenovo di mata internasional.  Hal ini karena pada tahun tersebut, Lenovo sukses masuk ke posisi delapan sebagai produsen PC terbesar di dunia.
Lenovo memang dianggap sebagai perusahaan terbesar untuk unit PC, namun untuk pangsa pasar Mobile, perusahaan ini masih kalah. Lenovo pun tidak kehabisan akal. Perusahaan ini mencoba meningkatkan kualitas produk perangkat Mobile mereka. Salah satu strateginya yang cukup banyak menyita perhatian dunia adalah membeli Motorola Mobility, perusahaan terkemuka yang semenjak tahun 2012 dibeli Google.  Langkah ini dilakukan Lenovo pada awal tahun 2014. Pembelian Motorola Mobility dari Google ini merupakan langkah besar dari Lenovo untuk semakin memantapkan diri dalam menghadapi persaingan perangkat Mobile, terutama smartphone yang semakin ketat. Pembelian Motorola sendiri  merupakan catatan sejarah Lenovo terbesar kedua setelah sembilan tahun lalu mengakuisisi IBM.
( http://www.plimbi.com/news/152682/sejarah-lenovo)

Lenovo  baru saja resmi memastikan telah melakukan pengurangan sejumlah karyawannya. Perusahaan asal Tiongkok itu menuturkan ada sekitar 2 persen dari 55 ribu karyawan di seluruh dunia yang terkena dampak keputusan tersebut. Meskipun Lenovo tak menyebut secara pasti jumlahnya, kemungkinan mayoritas pegawai yang dipecat itu berasal dari divisi  mobile phone. Mengutip informasi dari laman The Verge, Selasa (27/9/2016), pemangkasan jumlah pegawai kali ini dilakukan sebagai bagian dari integrasi strategis antara Lenovo dan Motorola.(https://www.liputan6.com/tekno/read/2611795/lenovo-kembalipangkas-karyawan-besar-besaran)

Demikian profil perusahaan Lenovo yang saya rangkum dari beberapa referensi. Jika ada informasi yang kurang lengkap, maka bisa di akses url referensi yang telah saya cantumkan. Demikian kurang lebih nya mohon maaf ,wassalamualaikum wr wb.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF BAHASA INGGRIS Di INDONESIA

Sejarah Logo Nike