Suku Biak ( Ilmu Sosial Dasar )

MAKALAH
ILMU SOSIAL DASAR
SUKU BIAK
 
Disusun Oleh:
Rezky Maulana (55415859)


KELAS 1IA03
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA



           







                                                                                                           
Cover                                                                                                               1
Daftar Isi                                                                                                         2
Kata Pengantar                                                                                                 3         
Bab 1 Pendahuluan                                                                                          4         
Bab 2 Etnografi Suku Biak                                                                                                              5
2.1 Lokasi...............................................................................................
Sejarah / Asal Mula Suku BIAK...........................................................
Sistem Bahasa........................................................................................
 Sistem Mata pencaharian......................................................................
Sistem Organisasi Sosial........................................................................ SistemKesenian......................................................................................
 Sistem Religi.........................................................................................
Bab 3 Penutup                                                                                                 6                                 
Daftar pustaka                                                                                                 7



















KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas ini  tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Pada kesempatan ini saya mendapatkan tugas Ilmu Sosial Dasar untuk membahas salah satu suku di Indonesia dari sejarah,budaya,adat istiadat dan tradisi suku tersebut
            Dan saya ditugaskan untuk menjelaskan kehidupan suku Biak, suku Biak adalah suku yang berasal dari Papua, Suku Biak merupakan salah satu kelompok masyarakat Papua yang hidup dan tinggal di kabupaten Biak Numfor.
            Saya tahu tugas yang saya buat ini masih ada kekurangannya, sebab itu kritik dan saran sangat  saya butuhkan supaya saya dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada pada tugas ini.  Agar tugas pada kesempatan lain dapat saya buat dengan baik dan benar.















Bab I Pendahuluan
       Negara kita memiliki berbagai macam suku dan terbagi atas banyak wilayah.Suku-suku tersebut menduduki di tiap-tiap wilayah Indonesia. seperti jawa,suku batak,suku dayak,dan lain-lain. Diantaranya adalah suku-suku papua, mereka mempunyaikebiasaan dan kebudayaan yang berbeda-beda. sesuatu yang dianggap biasa pada salahsatu suku,belum tentu dianggap biasa pula pada suku yang lain meski pun wilayah yangmereka ditempati jaraknya berdekatan. Begitu pula dengan cara mereka bergaul danmenjalani kehidupan mereka sehari-hari. bahasa yang mereka pakai sehari-hari,Kepercayaan yang dianut, serta seni budaya yang ada pada tiap suku di papua belumtentu sama.Karena banyaknya perbedaan di berbagai hal,banyak suku-suku diindonesia yang terlibat perang yang di karenakan salah paham atau kurangnyakomunikasi. sehingga terjadi perselisihan pendapat,dan lain-lain. Untuk itu didalam karyaetnografi ini, saya akan mengangkat topik pembahasan mengenai kebudayaan daerahIrian Jaya dengan melihat salah satu suku budayanya yaitu suku Biak guna mengenalkansuku biak terhadap pembaca, dimana suku tersebut sebagai salah satu suku yang menarik  perhatian saya dan kebudayaan yang melekat pada suku Biak masih kuat sehinggamembuat saya ingin lebih menggali informasi seputar asal usul biak serta kebudayaandari suku biak itu sendiri. Manfaat dari karya etnogragi suku ini adalah sebagai salahsatu cara mengetahui tentang kebudayaan suku asli biak dalam hal unsur-unsur yangterkait dalam kebudayaan suku asli Biak-Numfor tersebut.
Lokasi
A.1. Letak dan Lingkungan Alam
Kepulauan Biak-Numfor adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua yang merupakan tempat asal dan tempat tinggal orang Biak terletak di sebelah utara Teluk Cenderawasih dan terdiri dari tiga pulau besar dan puluhan pulau-pulau kecil. Tiga pulau besar adalah Pulau Biak, Pulau Supiori dan Pulau Numfor. Sedangkan pulau-pulau kecil adalahgugusan Kepulauan Padaido, yang terdapat di sebelat timur Pulau Biak, Pulau-pulau Rani danInsumbabi yang terdapat di sebelah selatan Pulau Supiori, Pulau-pulau Meosbefandi dan Ayauyang terdapat di sebelah utara Pulau Supiori dan Kepulauan Mapia yang letaknya jauh di sebelahutara Pulau Ayau.


IKLIM
Secara umum, pola iklim Biak-Numfor dipengaruhi oleh monsoon danmaritime, yang mana porsi besaran pengaruhnya adalah pada maritimnya. Iklim di IrianJaya sangat dipengaruhi oleh letak astronomis maupun letak geografis, sehingga keadaaniklim beberapa daerah Irian Jaya berbeda-beda. Secara keseluruhan daerah Irian Jayatermasuk dalam golongan iklim tropis.Curah hujan bervariasi (secara local) mulai 1.500 mm - 7.500 mm per tahun.Jumlah hari-hari hujan per tahun : Jayapura 160, Biak 125, Guarotali 250, Manokwari140, Merauke 100.

 
7
IKLIM
     Secara umum, pola iklim Biak-Numfor dipengaruhi oleh monsoon danmaritime, yang mana porsi besaran pengaruhnya adalah pada maritimnya. Iklim di IrianJaya sangat dipengaruhi oleh letak astronomis maupun letak geografis, sehingga keadaaniklim beberapa daerah Irian Jaya berbeda-beda. Secara keseluruhan daerah Irian Jayatermasuk dalam golongan iklim tropis.Curah hujan bervariasi (secara local) mulai 1.500 mm - 7.500 mm per tahun.Jumlah hari-hari hujan per tahun : Jayapura 160, Biak 125, Guarotali 250, Manokwari140, Merauke 100.
Data demografi
        Orang Biak yang berdomisili di Kepulauan Biak-Numfor pada tahun 1999 berjumlah± 115.134 orang. Mereka tersebar pada 153 desa/kelurahan yang terbagi atasdua belas wilayah kecamatan. Jumlah penduduk terbanyak terdapat pada Kecamatan Biak Kota (36.098 jiwa) dan Kecamatan Biak Timur (10.121 jiwa), sedangkan kecamatan yang paling sedikit yang paling sedikit jumlah penduduknya adalah Kecamatan Numfor Baratyang hanya berpenduduk 3.656 jiwa. Perincian jumlah penduduk menurut kecamatanadalah seperti pada tabel 1. Perbandingan jumlah penduduk (115.134 orang) dengan luaswilayah (±2.595 km2), menunjukkan bahwa kepadatan penduduk di Kabupaten Biak- Numfor adalah sebesar 40,48 orang tiap km2.

Bab III
Penutup
    Menanggapi semua hal yang sudah di bahas pada bab-bab sebelumnya, saya menyimpulkan bahwa suku bangsa Biak-Numfor, Irian Jaya mengalami prosesakulturasi pengaruh dari kebudayaan luar yang masuk ke wilayah Biak-Numfor,makamuncul kebudayan-kebudayaan baru akibat hasil akulturasi tersebut. Berdasarkan penelitian saya terhadap beberapa data dan fakta mengenai suku Biak di Irian Jaya,kebudayaan Suku tersebut masih menyimpan benda-benda yang mengandung unsur mistis.Dari berbagai unsur-unsur kebudayaan, antara lain dalam sistem ekonomi,sistem organisasi sosial,sistem religi, dan kesenian. Perubahan di sistem ekonomiinilah, masyarakat suku Biak-Numfor mengalami perubahan yang cukup signifikan.Karena di masa lampau mata pencaharian yang sangat penting dalam kehidupan orangBiak adalah perdagangan. Barang-barang perdagangan utama pada waktu itu adalahhasil laut, piring, budak dan alat-alat kerja yang dibuat dari besi seperti parang dan 33 tombak dan mereka pun menggunakan sistem perdagangan yang berupa barter (tukar menukar barang).
Kemudian masyarakat Biak tersebut mengalamiperubahan dalam sistem perdagangan seiring perkembangan jaman.Namun cirri khas orang
Biak khusunya daerah pedesaan serta pesisir pantai,maka mata pencaharian untuk bertahan hidup ialah dengan berladang dan menangkapikan karena sulitnya mencari pekerjaan di sekitar wilayah mereka.









Daftar Pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF BAHASA INGGRIS Di INDONESIA

Sejarah Logo Nike